ANGKLUNG


Angklung, salah satu alat musik yang pernah saya mainkan bersama teman teman di sekolah. dasar. Kebetulan saya sekolah di SDN 02 Depok, setiap seminggu sekali kami diajarkan bagaimana menggunakan alat musik angklung. Seingat saya alat musik angklung berasal dari daerah Jawa Barat, dan cara memainkannya yaitu dengan digoyangkan, dan biasanya kita memainkannya secara berkelompok.
Angklung terbuat dari bambu, dan untuk membedakan nada rendah dan tinggi dari alat musik angklung ini bisa dilihat dari besar kecilnya angklung. adapun jenis bambu yang biasa digunakan sebagai alat musik tersebut adalah awi wulung (bambu berwarna hitam) dan awi temen (bambu berwarna putih). Purwa rupa alat musik angklung; tiap nada (laras) dihasilkan dari bunyi tabung bambunya yang berbentuk wilahan (batangan) setiap ruas bambu dari ukuran kecil hingga besar.
Angklung menurut sejarahnya telah ada di dalam kesenian Jawa Barat sejak 400 tahun yang lampau. kemunculannya berawal dari ritual masyarakat Sunda. Angklung diciptakan dan dimainkan untuk memikat Dewi Sri turun ke Bumi agar tanaman padi rakyat tumbuh subur.